Wednesday, March 7, 2012

dokumen RPPL

Abstraksi -  Dalam Rencana Pengembangan Perangkat Lunak ini membahas tentang website yang berisi transaksi alat-alat olah raga secara online. Dimana konsumen atau pembeli dapat melihat ataupun membeli dengan cara memesan di website ini. Website ini sangat dibutuhkan dalam memenuhi kebutuhan alat-alat olah raga di masyarakat sehari-hari. Pernah berpikir memebeli kebutuhan alat-alat olah raga mendatangi took-toko dan itu menyita waktu dalam kegiatan masing-masing. Di era yang sangat canggih ini, internet sudah sangat erat kaitannya dengan masyarakat. Sebuah website ini tidak salah dan banyak hal yang menguntungkan jika dibangun. Oleh karena itu, di dalam website ini banyak hal yang sangat berguna jika di terapkan setiap hari.


DAFTAR ISI
Abstraksi 
Daftar Gambar
Proses teknis 
Daftar Tabel
Paket Kerja dan Jadwal
1. PENDAHULUAN
1.1   Gambaran Umum Proyek
1.2   Tujuan
1.3   Daftar Definisi dan Singkatan
1.4   Referensi
2. ORGANISASI PROYEK
           2.1 Strukur Organisasi
           2.2 Otoritas Hak dan tanggung jawab
3. PROSES MANAJERIAL
           3.1 Tujuan dan Prioritas  Manajemen
           3.2 Asumsi Ketergantungan dan Kendala
           3.3 Batasan Pengembangan Proyek
           3.4 Dokumentasi Perangkat Lunak
           3.5 Rencana Penugasan
4. PROSES TEKNIS
5. PAKET KERJA dan JADWAL


1.      PENDAHULUAN

1.1   Gambaran Umum Proyek
Perkembangan teknologi di zaman sekarang ini sangat berkembang pesat dan sangat membantu dalam menyelesaikan beberapa pekerjaan manusia khususnya dengan menggunakan komputer. Contoh yang paling sederhana adalah sebuah sistem pembeliaan alat-alat olahraga secara online. Dalam transaksi ini yang masih dilakukan dengan sistem mencatat dalam sistem transaksinya.
Di zaman sekarang, semua orang yang melakukan kegiatan olahraga yaitu dengan memakai kostum yang sama, maksudnya setiap pertandingan apapun pasti memakai pakaian atau kostum yang sama. Sepatu pun sekarang lebih modern, dahulu sepatu sekolah pun dipakai untuk kegiatan olahraga, padahal itu bisa membuat sepatu menjadi rusak. 
Oleh karena itu, website ini akan mempermudah dalam transaksi alat-alat olah raga dan tidak menyita waktu, maksudnya tidak datang ke took-toko.

1.2   Tujuan
   Adapun tujuan dari pembuatan sofware ini diantaranya:
a.       Memudahkan penjual untuk transaksi alat-alat olahraga.
b.      Memudahkan penjual untuk mencari alat-alat olahraga secara global.
1.3   Daftar Definisi dan Singkatan
Hardware : Perangkat Keras
Software : Perangkat Lunak
PHP : Bahasa Pemrograman
Mysql : Database (Penyimpan Data)
Apache : Web Server yang biasanya digunakan untuk menyimpan web
Coding : suatu bentuk source code atau syntax.
Tester : orang yang menguji
Programmer : orang yang membuat program

1.4   Referensi
Untuk Penanganan Project ini digunakan acuan dokumen seperti berikut :
                               I.            http://bimoweb.com/tutorial-koneksi-php-dengan-mysql.html
                            II.            http://biasta.wordpress.com/2008/10/25/definisi-php-mysql-apache-web-server-http-ip-address-url-buat-tugas/
                         III.            http://www.qwords.com/kb/membuat-koneksi-php-ke-mysql/
                         IV.            http://www.rumahweb.com/journal/php-mysql-tutorial-dasar.htm

2.      ORGANISASI PROYEK
            2.1  Struktur Organisasi
  PM               Analis                Designer                 Programer                Tester                  Dokumenter          QA  
PM : Yang bertanggung jawab dalam  semua pembangunan website dan pimpinan
Analis : Yang bertanggung  menganalisis  dan mencari kebutuhan proyek tersebut
Designer : Yang mendesign halaman di website
Programmer : Yang membuat coding
Tester : Yang menguji
Dokumenter : Yang mendokumentasikan
QA : Yang mengawasi apakah sudah benar dan jalan proyek website
2.2    Otoritas Hak dan Tanggung Jawab
Project Manager
Seorang project manager mempunyai tanggung jawab dan tugas yang bermacam-macam, tidak hanya terfokus pada hal-hal yg teknis sifatnya. Bagaimana layaknya seorang project manager harus mempunyai kemampuan membuat tim tetap solid, mampu memonitor dan mengontrol budget serta mempunyai kemampuan analisis resiko yang baik. Tanggung Jawab seorang Project Manager terdiri dari:
1.              Proyek
2.              Organisasi
3.              Tim Kerja
Setiap tanggung jawab mempunyai fokus dan peran yang sedikit berbeda. Salah satu yang paling nyata adalah, tanggung jawab terhadap proyek, Seorang Project Manager harus mengontrol proyek yang ditanganinya. Proyek harus selesai sesuai dengan budget, sesuai dengan spesifikasi, dan waktu. Ketiga aspek itu harus dipenuhi oleh seorang Project Manager.
Seorang Project Manager juga harus mempunyai tanggung jawab tehadap tim kerja yang di pimpinnya. Memang tidak mudah tanggung jawab yang harus di penuhi terhadap tim kerja. Seorang Project Manager harus memberikan feedback dari hasil pekerjaan proyek jika diperlukan, memberikan perhargaan terhadap anggota tim proyek yang mempunyai prestasi yang baik, dan tantangan yang paling sulit adalah
menyeimbangkan antara kepentingan anggota tim, kepentingan tim, dan kepentingan proyek.
System Analyst
Beberapa hal penting yang dilakukan oleh seorang sistem analyst adalah sebagai berikut :
1.              Bekerja dalam meneliti sebuah masalah
2.              Merencanakan solusi terhadap masalah yang ada
3.              Merekomendasikan software dan sistem yang dibutuhkan
4.             Mengkoordinir pengembangan untuk memenuhi kebutuhan bisnis atau kebutuhan lainnya.
Seorang system analyst akan terbiasa dengan berbagai bahasa pemrograman, sistem operasi, dan platform hardware komputer. Karena mereka sering menulis permintaan pengguna ke dalam spesifikasi teknis.
System analyst adalah penghubung antara vendor dan profesional teknologi informasi. Mereka juga bertanggung jawab untuk mengembangkan analisi biaya, pertimbangan desain, dan implementasi timeline yang telah ditetapkan.
Designer
Software designer adalah seseorang yang bekerja untuk menciptakan sebuah perangkat lunak pada level yang cukup tinggi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan atau manajemen.
Seorang designer tidak melakukan proses coding sendiri, namun bertugas untuk memastikan bahwa semua kebutuhan software telah ada dan diperhitungkan dengan baik sebelum proses coding yang sebenarnya dimulai. Mereka mengambil tujuan akhir dari pelanggan dan merencanakan berbagai tahap pengembangan dari konsep awal sampai dengan sistem selesai dibuat.
Mereka menggunakan IT dalam setiap aspek pekerjaan mereka. Pemrograman dan perencanaan, keduanya dilakukan pada komputer, dan sinkronisasi data yang diperlukan untuk rencana dan komunikasi yang efektif membutuhkan penggunaan jaringan media yang modern.
Desainer software memegang peranan penting dalam segala hal yang berkaitan dengan software, programming, matematika, logika, perencanaan, dan komunikasi. Mereka yang menemukan diri mereka tertarik untuk bekerja dalam pembuatan program atau game biasanya akan tertarik dalam mendesain perangkat lunak.
Biasanya software designer bekerja dengan erat dengan Quality Assurance Specialist. Project Manager tim desain pengembangan perangkat lunak, dan segala yang berhubungan dengan mendesai perangkat lunak.
Programmer
Berikut ini adalah beberapa kode etik bagi Programmer:
1.             Seorang programmer tidak boleh membuat atau mendistribusikan Malware.
2.             Seorang programmer tidak boleh menulis kode yang sulit diikuti dengan sengaja.
3.             Seorang programmer tidak boleh menulis dokumentasi yang dengan sengaja untuk membingungkan atau tidak akurat.
4.             Seorang programmer tidak boleh menggunakan ulang kode dengan hak cipta kecuali telah membeli atau telah meminta izin.
5.             Tidak boleh mencari keuntungan tambahan dari proyek yang didanai oleh pihak kedua tanpa izin.
6.             Etika profesi yang berlaku bagi programmer di indonesia. Tidak boleh mencuri software khususnya development tools.
7.             Tidak boleh menerima dana tambahan dari berbagai pihak eksternal dalam suatu proyek secara bersamaan kecuali mendapatkan izin.
8.             Tidak boleh menulis kode yang dengan sengaja menjatuhkan kode programmer lain untuk mengambil keuntungan dalam menaikkan status.
9.             Tidak boleh membeberkan data-data penting karyawan dalam perusahaan.
10.         Tidak boleh memberitahu masalah keuangan pada pekerja dalam pengembangan suatu proyek.
Tester
Software Tester merupakan salah satu posisi yang menjadi ‘musuh’ para developer. Tugas utama dari seorang software tester adalah melakukan pengecekan atau testing terhadap error atau bug di dalam sebuah aplikasi atau program.

3.      Proses Manajerial
3.1   Tujuan dan Prioritas Utama
Membangun Website Alat-Alat Olahraga online untuk mempermudah konsumen atau masyarakat dalam membeli atau melihat kebutuhan alat-alat olah raga. .
3.2   Asumsi , Ketergantungan dan Kendala
Kendala yang akan ditemui pada saat mengerjakan proyek ini adalah kurang profesionalnya atau mahir dalam bahasa pemrograman PHP dan masalah disiplin yang kurang . Dan akan mengalami ketergantungan terhadap buku dan akses internet . Tetapi Asumsi saya bisa mengerjakan proyek ini 100% jika dalam hal kedisiplinannya sudah bagus dan tepat waktu .

3.3   Batasan Pengembangan Proyek
Dalam perencanaan pembuatan website transaksi jual beli alat-alat olahraga, akan dibatasi dari permasalahan.
Adapun Batasan-batasan yang diangkat yaitu:
1.      Membuat perangkat lunak dengan tampilan yang menarik dan informative.
2.      Membuat perangkat lunak yang dapat menampilkan keseluruhan alat-alat olahraga yang dapat memudahkan dalam transaksi jual beli.

3.4   Dokumentasi perangkat Lunak
Proyek ini harus menyerahkan dokumen-dokumen seperti berikut :
                                                       I.            Dokumen Analisis
                                                    II.            Dokumen Perancangan
                                                 III.            Dokumen Implementasi
                                                 IV.            Dokumen Pengujian
                                                    V.            Software Aplikasi dan Code Program

3.5   Rencana Penugasan
Proyek ini dilakukan oleh tim pengembangan yang terdiri dari :
                                                       I.            Software Project Manager : Muhammad Reza
                                                    II.            Software Analyst : Muhammad Reza
                                                 III.            Software Designer : Muhammad Reza
                                                 IV.            Software Quality Assurance : Muhammad Reza
                                                    V.            Software Developer : Muhammad Reza

4.      Proses Teknis
                                                       I.            Hardware : Laptop
                                                    II.            Pemakaian Software : Java, PHP , MySql
                                                 III.            Server web : Apache
Metode Pengembangan (Pemodelan)
Model Waterfall adalah suatu proses pengembangan perangkat lunak berurutan, di mana kemajuan dipandang sebagai terus mengalir ke bawah (seperti air terjun) melewati fase-fase perencanaan, pemodelan, implementasi (konstruksi), dan pengujian.
Keterangan model diatas:
1.      Analisa Kebutuhan
1.1  Langkah ini merupakan analisa terhadap kebutuhan sistem.
1.2  Pengumpulan data dalam tahap ini bisa malakukan sebuah penelitian, wawancara atau study literatur.
1.3  Tahapan ini akan menghasilkan dokumen user requirment atau bisa dikatakan sebagai data yang berhubungan dengan keinginan user dalam pembuatan sistem.
1.4  Dokumen ini lah yang akan menjadi acuan sistem analis untuk menterjemahkan ke dalam bahasa pemprogram.
2.      Desain Sistem
2.1  Proses desain akan menerjemahkan syarat kebutuhan ke sebuah perancangan perangkat lunak yang dapat diperkirakan sebelum dibuat coding.
2.2  Proses ini berfokus pada : struktur data, arsitektur perangkat lunak, representasi interface, dan detail (algoritma) prosedural.
2.3  Tahapan ini akan menghasilkan dokumen yang disebut software requirment. Dokumen inilah yang akan digunakan proggrammer untuk melakukan aktivitas pembuatan sistemnya.
3.      Coding dan Testing
3.1  Coding merupan penerjemahan design dalam bahasa yang bisa dikenali oleh komputer.
3.2  Dilakukan oleh programmer yang akan meterjemahkan transaksi yang diminta oleh user.
3.3  Setelah pengkodean selesai maka akan dilakukan testing terhadap sistem yang telah dibuat tadi.
3.4  Tujuan testing adalah menemukan kesalahan-kesalahan terhadap sistem tersebut dan kemudian bisa diperbaiki.
4.      Penerapan Program
4.1              Tahapan ini bisa dikatakan final dalam pembuatan sebuah sistem.
4.2              Setelah melakukan analisa, design dan pengkodean maka sistem yang        sudah jadi akan digunakan oleh user.





5.      Paket Kerja dan Jadwal
No
Deskripsi
Februari
Maret
April
Mei
Keterangan
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4

1.
Proposal
















2.
Analisis
















3.
Design
















4.
Coding
















5.
Testing
















6.
Maintenance
















7.
Dokumentasi
















      1.            Proposal : Pengajuan Tema/Judul.
      2.            Analisis : untuk mencari tahu apa yang diperlukan dalam pembangunan website .
      3.            Design : untuk merancang  tampilan website yang akan dibangun.
      4.            Coding : untuk menulis kode-kode atau bahasa pemrograman untuk diterjemahkan supaya mirip seperti design yang telah dibuat.
      5.            Testing : Yang menguji apakah sudah layak atau belum .
      6.            Maintenance :  pemeliharaan dalam website ini.
      7.            Dokumentasi : Tim Dokumentasi yang mendokumentasikan dari awal hingga akhir .






Share

0 comments:

Post a Comment